Warga Miskin Di Karawang Masih Sulit Berobat Gratis

Warga Miskin Di Karawang Masih Sulit Berobat Gratis

Rabu, 08 Agustus 2018

KlikKarawang -  Warga Kabupaten Karawang masih kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit.  Seperti yang dialami Tegar warga asal Dusun Cilewo RT 01/02 Desa  Cadas Kertajaya, Kecamatan Telagasari.

Bocah 13 tahun ini kesulitan berobat ke rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis karena luput dari pendataan menjadi peserta program Karawang Sehat dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda)

"Akibatnya, keluarga Tegar tak bisa mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan," kata Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsari, Rabu (8/8/2018).

Keluarga Tegar mengadu kesulitan untuk berobat karena merupakan keluarga yang tidak mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis karena tidak terdata di Dinas Sosial Kabupaten Karawang.

Oleh sebab itu,  Wakil Bupati Karawang meminta Dinas Sosial, Dinas Kesahatan dengan BPJS melakukan validasi ulang akuntabilitas data warga miskin agar tidak terjadi lagi kasus pemegang kartu Karawang Sehat atau Jamkesda sulit untuk berobat.

"Selama ini data Dinsos akan menyulitkan warga miskin mendapatkan akses pelayanan kesehatan gratis," katanya.

Eva (35), ibu dari Tegar yang telah divonis menderita penyakit liver oleh Tim Medis RSUD Karawang, terpaksa meminta bantuan Wakil Bupati Karawang karena untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis mengurus administrasinya kesulitan.

"Anak saya sudah divonis menderita penyakit liver , Sementara untuk biaya berobat tidak ada," katanya.

Tegar yang divonis menderita liver akut akhirnya dirujuk  ke RS Hasan Sadikin, Bandung atas bantuan Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsari.