Klik

Polres Karawang Tangkap Pembobol ATM Pakai Tusuk Gigi


KlikKarawang -  Polres Karawang menangkap dua orang pelaku sindikat pencurian dengan modus mengganjal mesin ATM dengan tusuk gigi. Pelaku merupakan sindikat Lampung yang dibekuk saat melakukan aksinya di wilayah Telukjambe Barat. 

"Pelaku memasukan tusuk gigi ke dalam ATM,  setelah korban kesulitan kemudian pelaku berpura-pura menolong.  Dan Kartu ATM korban ditukar dengan kartu milik pelaku, "kata Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya,  Senin (30/7/2018).

Lanjut Kapolres,  setelah menukar kartu korban,  pelaku berpura-pura membantu memasukkan nomor PIN dan menekan cancel dengan bersamaan.  

Kemudian setelah nomor PIN dan kartu ATM milik korban diketahui pelaku langsung mengambil uang yang ada di ATM korban. Dari hasil pemeriksaan awal,  kata Kapolres,  pelaku dalam sehari  bisa melakukan aksinya lebih dari lima tempat.  

Kapolres mengungkapkan, dua pelaku inisial AL dan BG diringkus sesaat setelah melakukan aksinya disalah satu minimarket di wilayah Telukjambe Barat.  Sedangkan satu pelaku lainnya,  YS masih dalam pengejaran."Satu pelaku DPO dan sedang dalam pengejaran,"katanya

Pelaku BG mengaku dalam menjalani aksinya dibagi lima kelompok yang terdiri dari tiga orang.  Setiap anggota kelompok mendapatkan peran ketika melakukan pencurian."Biasanya pakai lidi,  terus pura-pura bantu dan tukar atm korban,"katanya

Untuk penarikan uang dari korban,  pelaku mengaku mengambil uang dari ATM korban paling banyak Rp.  1,5 juta.  Dari tangan  pelaku polisi mengamankan barang bukti berupa HP,  kartu ATM,  potongan tusuk gigi,  dan uang tunai Rp.  500.000,-.