Go-Jek Genjot UMKM Kuliner Karawang Lewat Go Food Festival

Go-Jek Genjot UMKM Kuliner Karawang Lewat Go Food Festival


KlikKarawang -  GO-FOOD Festival Karawang segera menghadirkan 40 merchant terbaik untuk menyajikan produk kuliner mereka mulai dari 25 Mei 2018 hingga satu tahun ke depan. Gelaran GO-FOOD Festival merupakan bentuk apresiasi GO-FOOD terhadap tingginya minat pengusaha merchant untuk tumbuh besar bersama memajukan UMKM kuliner Indonesia. 

Melalui kemitraan yang telah terbangun selama ini, GO-FOOD yang mulai hadir sejak April 2015 ini telah tumbuh menjadi salah satu penyedia layanan antar makanan terbesar di dunia di luar Cina dan bekerja sama dengan lebih dari 200 ribu merchant di berbagai kota di Indonesia.

“Saat ini, lebih dari 80 persen merchantpartner GO-FOOD merupakan pengusaha kuliner yang masuk kategori pengusaha kecil dan menengah yang punya potensi untuk tumbuh menjadi lebih besar lagi. Namun, pendanaan serta networking masih menjadi tantangan yang mereka hadapi. Dengan mengadopsi kesuksesan sebelumnya, kami ingin membantu menjembatani tantangan tersebut dan merangkul lebih banyak lagi pelaku UMKM kuliner lokal untuk bergabung,” ujar Brata Santoso selaku VP Operation and Business Development GO-FOOD Festival,  Kamis (28/6/2018)

Lebih lanjut, Brata memaparkan bahwa selama ini pelaku UMKM kuliner selalu terhambat untuk memulai bisnis karena pemikiran bahwa mereka harus punya modal yang besar serta karyawan yang banyak. Melalui GO-FOOD Festival, GO-FOOD akan memberikan akses yang selebar-lebarnya kepada pelaku UMKM kuliner untuk berinovasi tanpa perlu modal yang besar. Terkait dengan networking, GO-FOOD Festival hadir untuk menjadi jembatan antara para pelaku UMKM dengan lebih banyak para pecinta makanan selain tentunya pelanggan setia mereka.

GO-FOOD Festival digelar dengan menggunakan konsep food court atau pujasera (pusat jajanan serba ada) di mana para pelaku UMKM dapat menawarkan kulinernya. “Yang berbeda dari konsep food court pada umumnya, pengusaha tidak perlu menyiapkan dana besar di muka untuk biaya sewa booth dan jasa pelayanan. Kami juga menyiapkan seluruh kebutuhan peralatan masak yang relatif mahal bagi para pebisnis mikro,” ujar Brata.
Pada kesempatan yang sama,Becquini Akbar, Region Head GO-JEK Jawa Barat - Banten menambahkan, banyak mitra merchant yang memulai bisnis kuliner hanya dari dapur rumahan dengan peralatan seadanya dan kini usaha mereka sudah berkembang lebih besar dengan hadirnya infrastruktur dari GO-FOOD."Rata-rata transaksi mitra merchant meningkat 2.5 kali setelah bergabung dengan GO-FOOD. Ada beberapa kunci penting yang membedakan GO-FOOD dengan layanan pesan-antar makanan lainnya, seperti pilihan merchant dan menu yang beragam serta ketersediaan GO-FOOD di 50 kota di Indonesia. Selain itu, jangkauan GO-FOOD yang luas memungkinkan masyarakat untuk membeli kuliner pilihannya dari mana saja asalkan tidak lebih dari 25 km. Hal ini yang membuat kami optimis dapat meningkatkan industri kuliner Indonesia,” ujar Becquini.


GO-FOOD Festival Karawang yang berlangsung selama satu tahun di Pasar Bersih Galuh Mas ini akan menghadirkan berbagai hiburan setiap akhir pekan. Tidak hanya bisa menikmati hiburan menarik sambil menikmati beragam sajian kuliner terbaik Karawang, area GO-FOOD Festival Karawang juga terbuka sebagai community hub untuk para komunitas yang ingin berkumpul dan melakukan berbagai kegiatan komunitas mereka secara gratis hanya dengan mendaftarkan data komunitas melalui link bit.ly/komunitasgff

Selain di Karawang, aktivitas-aktivitas komunitas seperti olahraga, kelas memasak, workshop, coaching, dan lainnya juga dapat dilakukan di lokasi GO-FOOD Festival lainnya.