Klik

11 Ribu Hektare Sawah Di Karawang Rawan Kekeringan

KlikKarawang -  Dari 97 ribu hektare sawah di wilayah Kabupaten Karawang, sekitar 11 ribu hektare di antaranya rawan kekeringan. Sawah yang rawan kekeringan ini, tersebar di golongan air tiga sampai lima.

Namun Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, M Hanafi Chaniago, mengatakan, sampai saat ini belum ada laporan mengenai kekeringan yang melanda areal persawahan di Karawang. Pasalnya, air irigasi masih tersedia cukup banyak. Selain itu, sawah yang sudah tanam juga masih sedikit. Yakni, baru mencapai 19 ribu hektare.

"Luas baku sawah di kita itu, 97 ribu hektare. Yang sudah tanam di musim kemarau ini baru 19 ribu," ujar Hanafi, Selasa (26/6/2018).

Selebihnya, lanjut Hanafi, ada yang belum tanam. Tetapi, ada juga yang belum panen di musim tanam sebelumnya. Dengan begitu, sampai bulan keenam ini belum ada laporan kekeringan yang melanda wilayah ini.

Termasuk, areal persawahan di wilayah yang paling hilir, yakni golongan tiga sampai lima, ketersediaan airnya masih mencukupi. Dengan begitu, pihaknya berharap supaya tahun ini tidak ada gangguan tanam yang mendera petani Karawang.

"Meskipun belum ada laporan kekeringan, kita tetap mewaspadainya. Sebab, potensi sawah yang kekeringan di kita cukup luas. Sampai 11 ribu hektare," ujarnya.