Korsel Bangun Pabrik Bahan Sepatu Di Karawang

Korsel Bangun Pabrik Bahan Sepatu Di Karawang

KlikKarawang - PT Dong Jin Textile Indonesia (PT DJTI) melakukan groundbreaking pabrik di Karawang, Rabu (23/5/2018).Industri dari negeri ginseng kembali memilih Indonesia untuk berinvestasi. Menyusul Hyundai Motor Company yang telah lebih dulu memutuskan membangun pabrik di Artha Industrial Hill, Karawang Barat, Desember 2017, 

Ketertarikan PT DJTI untuk berinvestasi di Indonesia disampaikan Presiden Dong Jin Textile Co., LTD, Choi Woo-Chui kepada Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi, saat melakukan kunjungan kerja ke pabrik Dong Jin di Busan Korea Selatan, tahun lalu. 

Rencananya, perusahaan yang memproduksi tekstil bahan sepatu sneakers itu akan menanamkan investasi sebesar Rp 330 miliar. Produksi perdana dimulai tahun 2019.

Menurut Kepala BKPM perwakilan Seoul, Imam Soejoedi, keputusan perusahaan-perusahaan Korea Selatan untuk mendirikan pabrik di Artha Industrial Hill merupakan keputusan tepat. Selain strategis dan memiliki fasilitas dan infrastruktur yang terintegrasi, kawasan tersebut telah mengimplementasikan program KLIK BPKM, yakni Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi.

Melalui program ini, investor bisa langsung melakukan proses konstruksi dan perizinan secara paralel.

Saat ini, Korea Selatan merupakan mitra strategis Indonesia dalam investasi dan perdagangan. Dalam 6 tahun terakhir, realisasi investasi Korea Selatan di Indonesia mencapai US$ 9,6 miliar. 

"Dengan realisasi investasi sebesar itu, Korea Selatan merupakan negara ketiga terbesar yang melakukan investasi langsung di Indonesia setelah Singapura dan Jepang," kata Imam Soejoedi dalam keterangannya, Rabu (23/5/2018).

Rencananya, PT DJTI akan akan memproduksi kain material sepatu olah raga sekitar 6 juta meter per-bulan. Pada tahap awal tenaga kerja yang terserap mencapai 500 orang. Bagi Dong Jin, pabrik yang didirikan di Artha Industrial Hill Karawang ini, merupakan pabrik ketiga. 

Dua pabrik sebelumnya, mereka dirikan di Korea Selatan dan Vietnam. PT DJTI memastikan bahwa pabrik seluas 5 hektar di kawasan Artha Industial Hill Karawang akan menerapkan teknologi standar internasional, termasuk dalam soal pengolahan limbah sehingga aman untuk lingkungan.