Dua Minuman Asli Indonesia Ini Masuk Terenak Didunia

Dua Minuman Asli Indonesia Ini Masuk Terenak Didunia

KlikKarawang - Cendol merupakan minuman tradisional yang berasal dari Sunda. Rasanya manis dan gurih karena kuahnya terbuat dari santan dan gula merah cair, dikombinasikan dengan es serut. Sementara cendolnya sendiri dibuat dari tepung beras yang diberi pewarna pandan dan dibentuk menjadi bulir-bulir kecil.

Cendol termasuk minuman yang cukup populer di Indonesia. Di sejumlah daerah, hidangan menyegarkan ini dikenal dengan nama berbeda. Di Jawa Tengah, es sejenis sering disebut dengan istilah dawet.

Sayangnya, karena kemudahan dalam pembuatan dan harganya yang begitu murah, es cendol sering dipandang sebelah mata. Tak sedikit yang menganggapnya sebagai minuman ndeso. Padahal jika ditelisik, bahan-bahan yang terkandung dalam segelas sajian menyegarkan ini memiliki nilai gizi tinggi.

Tahun ini, para penggemar cendol boleh berbangga. Minuman favorit mereka berada di urutan 45 dalam daftar 50 minuman terenak dunia versi CNN. Cendol sanggup mengalahkan lima pesaing lain di bawahnya, yaitu bir Guiness, Yakult, Red Bull, dan minuman asal India yang terbuat dari campuran mangga, yoghurt, susu, dan es, Mango Lassi.

Es Kelapa Muda

Di tengah panasnya udara tropis di Indonesia, menyantap minuman dengan kesegaran alami tentu bakal terasa sangat nikmat. Es kelapa atau es degan sering diburu warga Tanah Air ketika mereka ingin membasahi kerongkongan dengan kesegaran istimewa. Bahan utamanya adalah air dan daging kelapa muda, yang ternyata punya banyak manfaat.



Selain memberikan kesegaran, air kelapa rupanya juga berguna untuk mengganti cairan tubuh, mencegah gangguan pencernaan, membersihkan racun, mengobati luka, dan masih banyak lagi. Ibu yang sedang hamil juga disarankan sering minum air kelapa muda karena diyakini bisa membuat si jabang bayi lahir dengan mata bening, rambut lebat, dan kulit bersih. Namun hingga kini masih belum ada bukti ilmiah soal hal tersebut.

Seiring berjalannya waktu, sajian es kelapa muda hadir dalam beragam varian menggoda. Ada beberapa pengusaha kuliner yang menyajikan degan dengan dicampur madu dan susu. Ada juga yang menawarkan sajian degan bakar, cara pembuatan minuman ini dengan kelapa dibakar dulu hingga air di dalamnya mendidih karena dipercaya bisa lebih memberi manfaat positif untuk kesehatan.

Dalam daftar minuman terenak dunia 2018 yang dirilis CNN belum lama ini, Es Kelapa Muda bertengger di peringkat 19. Meski belum berhasil menembus 10 besar, minuman asli Indonesia ini sukses mengalahkan sejumlah minuman tenar dari luar negeri seperti eggnog, Gatorade, Tequila, Fanta, dan champagne.

Meski bagi sebagian besar orang dianggap sepele, diam-diam cendol dan es kelapa muda telah menorehkan prestasi membanggakan di level Internasional. Jadi, jika lain kali berkesempatan menikmati dua minuman tersebut, tak perlu takut dianggap ndeso.