Klik

Di Karawang, Pertanian Korporasi Dikembangkan

KlikKarawang - Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan mengembangkan Demonstrasi Farm (Demfarm) Pertanian Korporasi di Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, seluas 1.000 hektare. 

"Kami buat model tersebut untuk 3 tahun ke depan sebagai contoh sistem pertanian modern yang melibatkan rakyat," kata Kepala Balai Besar Litbang Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi.

Sebelumnya pada, Senin (5/2/2018) pihaknya menyatakan rencana tersebut di depan 30 camat yang se-Kabupaten Karawang.

Menurut Dedi, target utama pembangunan pertanian saat ini adalah swasembada pangan padi, jagung, kedelai, bawang merah, cabai, tebu, hingga sapi dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan nasional. 

Untuk meningkatkan produksi, tambahnya, salah satunya dengan menerapkan Kawasan Pertanian Korporasi yang akan dilaksanakan di Karawang. 

Menurut Peneliti Balai Penelitian Tanah, Badan Litbang Pertanian Dr. Achmad Rachman, MSc, penerapan pertanian korporasi diyakini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas usaha tani. 

Lahan-lahan sempit (0,25 hektar) yang dimiliki petani akan disatukan menjadi hamparan lahan pertanian yang lebih luas (di atas 50 ha) melalui suatu perjanjian kerja sama. 

Dengan hamparan usaha tani yang relatif luas diyakini akan memudahkan penerapan sistem pertanian modern dan penggunaan mesin-mesin pertanian mulai dari pengolahan tanah, tanam hingga panen. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang Teddy Rusfendi Sutisna menyambut baik kegiatan Pengembangan Demonstrasi Farm Pertanian Korporasi yang akan dilaksanakan di wilayahnya. 

Pihaknya berharap dengan kerja sama tersebut, Kabupaten Karawang mampu mempertahankan produksi padi meski terjadi pengurangan lahan pertanian yang terjadi pada saat ini. 

Sementara itu Dedi Nursyamsi menambahkan, kerja sama Pengembangan Pertanian Korporasi akan dilaksanakan selama tiga tahun dari 2018 hingga 2020. 

Tujuan kerjasama tersebut untuk membangun model pertanian korporasi di Karawang melalui pemanfaatan long storage, sebagai sarana sekolah lapang pertanian korporasi untuk scaling up, dan sarana meng-implementasikan inovasi teknologi pertanian korporasi. 

Kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi pengelolan air irigasi, budidaya padi sawah, budidaya sayuran, peternakan itik, kegiatan pasca panen, serta kelembagaan.

Sumber : Antara