Harga Beras Mahal, Pedagang Diminta Jual Dengan Harga Wajar

Harga Beras Mahal, Pedagang Diminta Jual Dengan Harga Wajar

Karawang - Dinas Pangan Kabupaten Karawang meminta pedagang untuk tidak menaikkan harga terlalu tinggi. hal itu dikarenakan harga beras medium di sejumlah pasar di Kabupaten Karawang sudah tembus hingga mencapai Rp 13.000/kilogram (kg)

"Saya minta pedagang jangan menaikkan harga terlalu tinggi. Karawang ini panen juga ada setiap hari, tetapi memang belum serentak," ungkap Kepala Dinas Pangan, Kadarisman kepada awak media Jumat (12/1/2018).

Menurut Kadarisman, kenaikan harga beras medium saat ini terjadi karena stok belum memadai. 

"Karena hukum pasar saja itu mah. Panen kan masih berjalan cuma belum puncaknya. Panen di Karawang baru 40 persen," terang Kadarisman.

Dia menjelaskan kenaikan harga bisa diminimalisir oleh para pedagang pasar beras. "harga yang wajar-wajar saja, jangan terlalu untung gede," ucapnya.

Ia juga mengimbau kepada para pedagang beras di Karawang, untuk terlebih dahulu memenuhi kebutuhan penduduk di Karawang.

"Saya juga imbau kepada para pedagang, untuk terlebih dahulu menjual berasnya ini memenuhi warga Karawang. Jangan dulu keluar daerah," ujarnya.

Sejauh ini pihaknya, terus meminta Bulog untuk terus melakukan operasi pasar, guna menurunkan harga beras di pasaran. "Setiap hari Bulog juga sudah kirim 20-40 ton beras untuk operasi pasar," katanya.