Laut Utara Karawang Tercemar Sisa Tumpahan Minyak

Laut Utara Karawang Tercemar Sisa Tumpahan Minyak


KlikKarawang - Perairan laut Karawang Utara kembali tercemar limbah minyak Pertamina. Padahal, sebelumnya diklaim bahwa persoalan bocornya pipa Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) di perairan laut utara Kabupaten Karawang Jawa Barat sudah selesai ditangani.

"Kami telah menerima laporan kalau perairan Karawang tercemar lagi," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang, Wawan Setiawan, saat dihubungi awak media, Jumat (15/11/2019).

Atas laporan tersebut, Wawan mengaku jika pihaknya langsung menyampaikan persoalannya ke pihak Pertamina agar langsung ditangani.

Sementara itu melalui rilisnya, VP Relations Pertamina Hulu Energi, Ifki Sukarya menyatakan, meski sumur YYA-1 sudah ditutup, namun sisa-sisa tumpahan minyak terbawa arus dan mendarat ke 7 (tujuh) desa dengan total area sepanjang 18 kilometer di Pesisir Karawang.

“Kondisi cuaca buruk, angin kencang yang mencapai 47 knot  dan hujan deras di sekitar Anjungan YYA menyebabkan sisa spill dari platform  YYA dan Rig Ensco 67 terbawa arus hingga ke pesisir. Namun kami pastikan, tim combat PHE ONWJ sudah melakukan pembersihan sejak hari ini dan dilanjutkan sampai beberapa hari ke depan,“ katanya.

Ifki menambahkan, total 115 personel sudah turun ke lapangan untuk proses pembersihan di pesisir, dan jumlahnya akan ditingkatkan sesuai kebutuhan. Diperkirakan minggu depan  upaya pembersihan sudah selesai.

Selain menurunkan personel untuk pembersihan pesisir, di laut  PHE ONWJ juga menurunkan tim offshore combat dibantu Tim SAR dari Taifib 1 Marinir untuk mensupport dan memperbaiki konfigurasi  oil boom yang formasinya berubah, karena kondisi angin kencang dan ombak yang tinggi.

“Tentu kami berharap kondisi cuaca kondusif untuk melakukan upaya pembersihan ini, sembari kami maksimalkan resources yang kami miliki,” pungkas Ifki. (rls)